Kamis, 16 Mei 2013

Buah dapat membuat Rambut Indah






Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang lain atau mungkin sahabat Anda sendiri memiliki rambut yang sehat dan berkilau, padahal Anda berdua menggunakan produk rambut yang sama. Rajin merawat rambut dengan shampo, kondisioner, serum, atau masker memang memberi banyak manfaat bagi keindahan rambut.

Tapi perlu diingat, agar rambut sehat diperlukan kulit kepala yang sehat, akar rambut yang kuat, dan batang rambut yang sehat. Untuk mendapatkannya diperlukan nutrisi tak hanya dari luar saja, tapi juga asupan gizi dari dalam. Selain itu, pola hidup sehat seperti menjauhi rokok (termasuk asapnya), alkohol, kopi, dan berolahraga dengan teratur juga merupakan alasan yang membedakan mengapa rambut orang lain bisa lebih indah dari milik Anda.

Untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, cara yang paling mudah adalah mengonsumsi buah. Cobalah menambah aneka buah-buahan di bawah ini ke dalam menu sehari-hari. Selain lezat, efeknya bisa membuat rambut bersinar indah.


Jeruk kaya akan vitamin C yang dibutuhkan sel untuk beregenerasi, termasuk sel di kulit kepala dan sel rambut. Jeruk Mandarin, jeruk Bali atau jeruk Pontianak sebaiknya dimakan langsung. Apabila dijus, sebaiknya tidak menambahkan gula dan langsung dihabiskan saat itu juga, jangan didinginkan di kulkas atau disimpan untuk dikonsumsi di waktu lain.

Bila rambut Anda berketombe, jeruk nipis juga bisa membantu mengurangi radang serta menyehatkan kulit kepala yang sensitif. Selain dioleskan di rambut, makan juga beberapa butir.

Buah pisang mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk melembabkan kulit kepala, serta melembutkan tekstur rambut yang kasar. Selain itu, pisang juga kaya akan emollient, yang diyakini sangat baik untuk merawat kesehatan rambut. Manfaat emollient adalah melembapkan kulit kepala sekaligus memperbaiki sel rambut yang rusak karena stres.
Buah yang satu ini mengandung protein tinggi, baik untuk membantu perbaikan sel rambut yang rusak, sekaligus mengembalikan kolagen di kulit kepala. Cocok untuk menyehatkan rambut yang kering, atau yang ujungnya rusak atau bercabang.
Saat makan anggur, makanlah bersama bijinya.  Biji anggur kaya akan antioksidan dan serat. Berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan melawan radikal bebas. Tanpa disadari, banyak kegiatan sehari-hari yang bisa memicu penuaan dini pada rambut. Misalnya berjemur di pantai, lembur di ruangan berAC, atau hang out di klub atau kafe yang penuh kepulan asap rokok. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi anggur usai melakukan kegiatan ini. Selain itu biji anggur  juga dipercaya berkhasiat menunda uban muncul.
Buah pepaya mengandung enzim papain, yang bertugas memecah protein di dalam makanan menjadi asam amino, sehingga dapat diserap oleh tubuh. Kandungan mineral dan vitamin di dalam pepaya juga dipercaya dapat memperlancar metabolisma sel kulit kepala dan sel rambut sehingga, racun dalam sel bisa diluruhkan. Pepaya disarankan untuk dikonsumsi usai rambut mendapatkan perawatan kimiawi, seperti diluruskan atau diikal, serta dicat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar