Kamis, 02 Mei 2013

Mitos tentang BAYAM

Kopas dr milis AFB ttg BAYAM..

Dear all, Setelah baca beberapa artikel, ternyata bayam nggak boleh dipanaskan cuma beredar di Belanda dan karena Jerman, Swiss dan Indo adalah negara koloninya, ikut-ikutan juga. Jadi bisa jadi ini turun-temurun nih.

Beberapa sayuran yang banyak mengandung nitrat adalah bayam, wortel, brokoli, kol. Kalau bayam nggak boleh, yang lain mestinya juga nggak boleh dipanaskan dong ya? :)

Nitrat akan diubah oleh bakteri di tubuh manusia menjadi nitrit, nitrit jika diserap oleh tubuh, akan menyebabkan blue baby syndrome atau cyanosis (yaitu warna kulit sekitar mulut dan mata menjadi biru). Namun sebenarnya penyebab Blue baby syndrome yang pernah terjadi bukan disebabkan oleh sayuran, setelah ditelusuri ternyata air dari sumur pribadi yang banyak mengandung nitrat.

AAP merekomendasikan jangan memberikan makanan yang mengandung nitrat kepada bayi sebelum 3 bulan (lah, siapa yang kasih MPASI pas bayi 3bulan :)). Untuk anak usia 6 bulan, sudah tidak jadi masalah, karena sistem pencernaannya sudah bisa mencegah konversi nitrat menjad initrit.

Jadi dalam kondisi normal, sayuran tidak akan menyebabkan keracunan nitrit pada bayi usia 6 bulan ke atas apalagi orang dewasa.Lain halnya kalau sayur dimasak dengan air sumur yang kadar nitratnya tinggi, maka baru bisa menyebabkan cyanosis.

Disamping itu, sayuran/bayam disimpan di kotak tertutup rapat dan disimpan di kulkas menurut saya juga oke aja. Jika dibiarkan terbuka selama 5 jam, yang dikhawatirkan adalah tumbuhnya bakteri, bukan keracunan nitrit. Makanya ada saran, secepatnya setelah disajikan,jangan biarkan makanan ditaruh di ruangan lebih dari 2 jam (untuk bayi).

Di sini ada cara-cara menyajikan makanan bayi:Home-Prepared Baby Foodhttp://www.fns.usda.gov/tn/resources/feedinginfants-ch12.pdfBacaan lain mengenai bayam, sayuran dalam hubungannya dengan keracunan nitrit:Reheating Spinach Dangerous in Holland, Fine in Rest of Worldhttp://www.wolfstad.com/2009/05/reheating-spinach-dangerous-in-holland-fine-in-rest-of-world/http://www.wolfstad.com/2009/05/reheating-spinach-dangerous-in-holland-fine-in-rest-of-world/Myths and Facts About Nitrates and Homemade Baby Foodhttp://wholesomebabyfood.momtastic.com/nitratearticle.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar